50

Super Junior, Duta Wisata Korea Selatan

Penikmat musik korea alias Kpop dijamin tidak asing dengan boyband yang digawangi oleh pria-pria tampan berwajah oriental yang tergabung dalam Super Junior. Yap, grup ini adalah ‘pemimpin’ tersebarnya Hallyu Wave atau demam musik Korea di dunia.

Sebagai kelompok, Super Junior memang memiliki jumlah yang ’tidak umum’ karena pada masa terbentuknya kebanyakan boyband di Korea Selatan beranggotakan 3-5 orang. Awalnya grup ini hanya beranggotakan 12 pemuda yaitu Leeteuk sebagai leader, Heechul, Hangeng, Yesung, Eunhyuk, Sungmin, Kangin, Shindong, Siwon, Donghae, Ryeowook dan Kibum. Setelah menelurkan album pertama berjudul ‘SuperJunior05 (Twins)’ pihak menejemen tempat mereka bernanung mengambil keputusan dengan menambahkan seorang member lagi yaitu Kyuhyun sebagai anggota termuda. Awalnya keputusan ini banyak ditentang oleh para ELF, sebutan untuk penggemar Super Junior. Mereka besikeras bahwa idola mereka berjumlah 12 orang. Tetapi lama-kelamaan reaksi yang berbeda datang dan sang anggota terakhir pun mendapat tempat di hati penggemarnya.

Keunikan lain dari sekelompok pria yang mahir menyanyi dan menari ini adalah mereka mempunyai sebutan untuk penggemar masing-masing personil. Fans Leeteuk disebut Angels. Penggemar Heechul dikenal dengan istilah Petals. Sang member berkebangsaan Cina yakni Hangeng menyebut penggemarnya dengan Gengfans. Clouds adalah sebutan bagi para fans Yesung. Jewels menjadi nama bagi penggemar Eunhyuk. Shindong menyebut penggemarnya Shinfriends. Sungmin yang berpipi tembem mempunyai istilah Pumpkins untuk memanggil para fans-nya. Kangin yang terkenal ‘bengal’ memilih Camomile sebagai nama fansnya. Donghae memiliki penggemar yang dikenal dengan sebutan Fishies. Siwon memanggil fansnya dengan panggilan Siwonest. Ryesomnia adalah fans member bernama panjang Kim Ryeowook. Kibum  yang menamatkan pendidikan di Amerika Serikat mempunyai fans yang disebut Snowers. Sedangkan anggota yang paling terakhir masuk, yakni Kyuhyun memanggil penggemarnya dengan istilah Sparkyu.

Sampai saat ini Super Junior telah menghasilkan enam album termasuk single-single dalam bahasa Mandarin dan Jepang. Seiring pergantian tahun, anggota boyband yang terkenal karena lagu Sorry Sorry ini pun tidak lagi berjumlah 13. Hangeng memutusakan untuk berkarir di negara asalnya yaitu Cina setelah masa kontraknya bersama Super Junior selesai. Kibum dikabarkan masih tercatat sebagai anggota meski sudah tidak terlibat sejak penggarapan album ketiga karena ia memfokuskan diri pada dunia seni peran. Kangin adalah personil pertama yang mengikuti wajib militer tetapi sudah kembali bergabung dalam proses rekaman album keenam. Dua punggawa lainnya yaitu Leeteuk dan Heechul sedang mengikuti kewajibannya di camp militer sehingga tersisa sembilan orang anggota.

Setiap tahunnya Super Junior selalu menggelar konser tunggal yang disebut Super Show. Antusias yang besar membuat konser tersebut memasuki periode kelima yang dikenal dengan nama Super Show 5 dan telah menjelajah berbagai negara termasuk di kawasan Eropa hingga Amerika Selatan. Karena kesuksesannya itulah departemen Pariwisata Korea menandatangani MoU (Memorandum of Understading) dengan pihak menejemen Super Junior dan menjadikannya duta wisata Korea.

Bila ingin mengunjungi tempat-tempat menarik di Korea yang biasa dijadikan tempat shooting video musik Super Junior, para fans dapat menginap di The Westin Chosun Seoul, Sheraton Grande Walkerhill Hotel atau Novotel Ambassador Gangnam Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silakan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *